Kerusakan alam dan lingkungan hidup yang kita saksikan sekarang ini merupakan akibat dari perbuatan umat manusia, jadi posisi atau tugas manusia sebagai khalifah yaitu memanfaatkan, mengatur, menjaga, mengelola supaya unsur-unsur bumi tersebut tetap lestari dan tidak rusak. Dalam memenuhi tuntutan kurikulum pendidikan yang terus berkembang, guru harus memiliki inovasi dan kreativitas. Kurikulum 2013 yang saat ini umum diterapkan pada berbagai satuan pendidikan merupakan upaya dalam penyempurnaan pada sikap dan karakter siswa melalui lingkungan sekitarnya. Hal yang menjadi perhatian utama dilapangan saat ini adalah sulitnya meningkatkan minat dan motivasi belajar. Kontribusi minat dan motivasi cukup besar dalam jalannya sebuah proses pembelajaran, kondisi ini dapat dicerminkan pada pengaruh keduanya terhadap hasil belajar dan pemahaman siswa. Pemberian materi pembelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai tradisi, norma-norma atau budaya lokal yang ada di lingkungan siswa merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan guru dalam mendukung kebijakan kurikulum. Karena dalam kurikulum 2013 yang masih diimplementasikan saat ini, guru diberikan kebebasan dalam merancang pembelajaran, sehingga dengan demikian guru diharapkan dapat mengintegrasikan materi pembelajaran dengan kebudayaan yang ada di lingkungan siswa. Adapun lingkup bidang penelitian yang akan di kaji pada Pusat Riset Etnosains dan Pengembangan Pembelajaran IPA ini berkaitan dengan Etnosains dan pengembangan model pembelajaran Pendidikan IPA.